Friday 20 April 2018

CV Karomah Jaya Mandiri


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1  Profil Perusahaan
            CV Karomah Jaya Mandiri adalah suatu perusahaan yang mana  usahanya bergerak di bidang produksi Pertanian / pembenihan tanaman pangan, “padi, jagung, dan kedelai”. CV Karomah Jaya mandiri didirikan pada tahun 2010 sebagai peningkatan dari usaha dagang yang bergerak dalam produksi benih “padi, jagung, dan kedelai tersebut. Dengan izin produksi benih dari PSBTPH ( Pengawasan dan setifikat benih tanaman pangan dan hortikultura ) Provinsi jawa timur No 31/ BPSBPTPH/PRD/JBR/2003. Produk unggulan yang ada pada CV. Karomah Jaya adalah benih kedelai yang banyak di minati.

Ø  Visi CV Karomah Jaya Mandiri
            Mewujudkan usaha pertanian unggul bersama petani dan masyarakat berorientasi pada pembayaran sosial, ekonomi dan ekologi.
Ø  Misi CV Karomah Jaya
-          Menumbuh kembangkan kelompok petani dan masyarakat dalam usaha dibidang pertanian.
-          Meningkatkan kapasitas pengetahuan, sikap dan keterampilan kelompok petani dan masyarakat.
-          Membangun aliansi strategis (jaringan)  dengan berbagai pihak dengan memperkuat posisi tawar petanidan perusahaan dengan model kerjasama yang saling menguntungkan.
-          Mengelola usaha dalam bidang pertanian demi kemajuan petani dan perusahaan dengan berorientasi pada bisnis yang profit – benefit, mengalami pertumbuhan, keberlangsungan dan keberkahan.
-          Mendorong terciptanya iklim pertanian yang sehat (ramah lingkungan) dengan menjadi perintis dalam penggunaan pertanian yang tidak berbahaya dan berbasis pada sumber daya local.
-          Menumbuhkan jiwa kewirausahaan (enterpreuneur) dibidang pertanian dan turunannya.

Ø  Tujuan CV Karomah Jaya Mandiri
Tujuan adalah sesuatu yang hendak dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan ditetapkan dengan mengacu pada pernyataan visi, misi, dan kondisi strategis yang ada diperusahaan. Adapun tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagai berikut :
1)      Memberikan nilai lebih kepada konsumen, dengan menyuguhkan produk yang dibutuhkan masyarakat khususnya petani.
2)      Memberikan nilai lebih terhadap karyawan, memperlakukan karyawan sebagaimana sesama layaknya hubungan dengan sesama manusia, saling menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusian, menghormati dan memberikan sepenuhnya hak-hak karyawan.
3)      Memberiakan niai lebih kepada owner dengan mengupayakan pencapaian ROI ( Return Of Investment ) seperti yang diharapkan serta membawa perusahaan pada pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan.
Ø  Sasaran CV Karomah Jaya Mandiri
Berikut ini adalah sasaran yang ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan visi, misi dan tujuannya :
1.      Agar perusahaan dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen khususnya petani, maka perusahaan menjamin kepentingan konsumen terhadap kualitas barang. Serta perusahaan menyuguhkan produk-produk yang bisa memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat.
2.      Memberikan manfaat lebih terhadap karyawan dengan menetakan skema gaji yang memadai atas produktifitas karyawan di perusahaan CV Karomah Jaya Mandiri.
3.      Perusahaan harus mampu berkembang sesuai perencanaan bisnis yang diinginkan oleh owner.
4.      Mengupayakan selalu terjamin hubungan yang baik dan harmonis terhadap mitra dan atau pemerintah.
5.      Keberadaan perusahaan dapat memberikan nilai positif bagi pemerintah dengan adanya rekruitmen tenaga kerja, serta mengurangi angka pengangguran. Kebutuhan tenaga kerja ini cukup banyak karena adanya pengmbangan perusahaan dan memenuhi kebutuhan yang masih ada.
                      3.2  Analisis SWOT
      Dari hasil identifikasi yang telah dilakukan sebelumnya terhadap kondisi internal dan eksternal perusahaan, maka diketahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan (SWOT) yang dihadapi oleh CV Karomah Jaya Mandiri.

3.3  Pembahasan solusi problem solving
3.3.1        Pemasaran CV Karomah Jaya Mandiri
1.      Kurangnya media iklan sebagai sarana promosi
Iklan merupakan suatu saranan yang sangat penting dalam membantu mengenalkan produk kepada masyarakat umum. Tidak adanya iklan sebagai sarana promosi akan berdampak terhadap penjualan produk, bahkan perkembangan serta pertumbuhan usaha. Solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan menyediakan sarana iklan promosi yaitu dengan memasang banner ditempat- tempat yang strategis serta memasang iklan di surat kabar, agar supaya masyarakat luas bisa menenal produk yang dijual.
2.      Tidak adanya tenaga pemasaran khusus
      Tenaga pemasaran menjadi kunci utama dalam pemasaran.Tenaga Pemasaran kurang ahli, kurang menguasai Produk akan menyebabkan informasi yang sampai kepada masyarakat kurang membuat konsumen tertarik pada produk. Hal ini akan berdampak terhadap target penjualan produk yang tidak akan tercapai.
      Solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah perusahaan harus segera memperkerjakan tenaga pemasaran secara khusus untuk memperkenalkan produk produk yang dimiliki perusahaan atau melakukan pelatihan terhadap tenaga pemasaran sehingga mampu meningkatkan penjualan.
3.              Target pasar yang utama benih kedelai adalah :
      Daerah-daerah sentra penanaman kedelai di Indonesia, daerah-daerah penghasil utama tanaman kedelai adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, D.I. Yogyakarta,Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan Maluku.
Contoh : CV SANINCO yang berlokasi di daerah jember yang mempunyai keunggulan modal besar tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup luas. Sedangkan CV. Karomah Jaya mempunyai lahan yang cukup luas serta permintaan bibit benih dari pemerintah maupun masyarakat.
Ø Solusi Permasalahan Pemasaran Berdasarkan Pilar Perushaan Unggul
Berdasarkan uraian permasalah pemasaran yang ada di CV Karomah Jaya Mandiri, maka solusi yang bisa di terapkan berdasarkan pilar perusahaan unggul yaitu:
1)      Tetapkan fitur- fitur produk dan layanan utama dan tingkat kepentingan kepada pelanggan yang mendorong minat dan loyalitas pelanggan untuk perencanaan produk, pemasaran, dan pengembangan bisnis.
2)      Tetap dengarkan dan belajar dari pelanggan potensial dan pasar dengan kebutuhan perubahan pada bisnis saat ini (mungkin termasuk penggunaaan teknologi berbasisi Web).
3)      Identifikasi sasaran stretegis dan buat tabel rencana untuk pemenuhannya lakukan sejauh mana keterkaitannya pada faktor internal dan eksternal.
4)      Menjalin hubungan mitra baik dengan kepala bagian disetiap wilayah dengan tujuan agar dapat menghendel hasil produksi dari perusahaan.


3.3.2        Masalah Produksi CV Karomah Jaya Mandiri
1.      Pemanenan yang dilakukan suplyer sering dicampur antara produk baik dengan produk buruk.
          Suplyer merupakan bagian terpenting dalam suatu usaha. Hal ini dikarenakan suplyer berperang dalam  penyediaan barang. Terjadinya pencampuran mengakibatkan hasil produk akan berdampak terhadap kegiatan operasional usaha bertambah, seperti menyortir benih kembali.

Ø  Solusi permasalahan produksi
Berdasarkan uraian permasalahan produksi yang ada di CV Karomah Jaya Mandiri, maka solusi yang dapat diterapkan yaiatu :
1)       Untuk penciptaan nilai, tentukan persyaratan proses menggunakan masukan dari pelanggan internal dan eksternal dan pemasok dan mitra yang sesuai.
2)      Kendalikan dan perbaiki proses dengan menggunakan pengukuran dan umpan balik dari pemasok dan mitra.




3.3.3        Masalah MSDM di  CV Karomah Jaya Mandiri
1.      Manajemen Sumber Daya Manusia
a.       Perekrutan Pegawai
           Perekrutan pegawai dilakukan dengan membuat lowongan kerja yang di sebarkan melalui kantor pos. Lamaran kemudian langsung dibawa keperusahaan dan langsung interview. Standart perekrutan minimal pendidikan SMA. Pengalaman kerja tidak menjadi acuan perekrutan karena perusahaan lebih memilih memberi pelatihan / training kepada  pekerja yang masih belum pernah bekerja yang dianggap akan lebih mudah dikendalikan untuk melakukan pekerjaan dengan serius. Perekrutan pegawai sampai saat ini masih berjalan dengan baik dan tidak mengalami kendala atau masalah.
           Untuk perekrutan tenaga buruh, CV Karomah Jaya Mandiri merekrut ibu rumah tangga sekitar yang mempunyai minat kerja untuk bekerja.
b.       Deskripsi kerja
         Deskripsi kerja sudah di jelaskan dengan baik sehingga karyawan bisa bekerja sesuai dengan bagiannya masig-masing. Dalam CV Karomah Jaya Mandiri terdapat beberapa bagian diantaranya:
1)      Manajer
Manajer merupakan seseorang yang mengatur dan mengendalikan segala aktivitas yang ada di perusahaan, begitu pula manajer di CV Karomah Jaya Mandiri. Segala aktivitas mulai dari keuangan, produksi, pemasaran, sdm, serta operasional dikendalikan oleh manajer, sehingga peran manajer sangat penting dalam perusahaan.

2)      Kabag. Keuangan
         Seorang kepala bagian keuangan mempunya tugas menyusun rencana anggaran, mengurus keuangan serta menyusun laporan keuangan.
3)      Kabag. Kemitraan
         Bagian kemitraan seseorang yang membantu kepala Dinas dalam menyiapkan bahan penyusun rencana kerja, bahan perumusan dan kebijakan umum dan teknis operasional informasi, komunikasi, dan pengembangan komunikasi social public serta pengembangan komunikasi pemerintah daerah.
4)      Kabag. Produksi
         Kepala bagian produksi memiliki tanggung jawab terhadap kegiatan produksi berlangsung secara lancar dan efisien dalam memenuhi target produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
-          Persiapan lahan
         Dalam kegiatannya menyiapkan lahan yang sesuai dengan jenis tanaman budidaya untuk pertumbuhan tanaman yang akan diambil produktifitasnya perlu diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan bibit tanaman yang baik.
-          Pemeliharaan
         Dalam kegiatannya untuk memperpanjang umur ekonomis dari mesin dan peralatan produksi yang ada serta mengusahakan agar mesin dan peralatan produksi tersebut selalu dalam keadaan optimal dan siap pakai untuk pelaksanaan proses produksi.
-          Panen dan PLP
         Dalam kegiatannya meliputi tindakan pemetikan hasil, pembersihan lahan, pengangkutan hasil, penyimpanan hingga pengemasan. Tujuan utama dari pasca panen adalah guna menghasilkan panen sesuai standar nasional yang berlaku. Kegiatan pasca panen bertujuan untuk meminimalisir hasil yang kurang memuaskan pada periode tanam selanjutnya. Panen merupakan tindakan akhir dari sebuah proses penanaman.


5)      Kabag. Pengemasan dan penggudangan
         Seseorang pada bagian penggudangan bertugas dan bertanggung jawab sebagai penjamin produk perusahaan saat masuk dan keluarnya produk tersebut. Pada bagian pengemasan bertanggung jawab atas packing produk agar terhindar dan atau meminimalisir dan serta menjamin kualitas produk agar tetap baik.
6)      Kabag. Pemasaran
         Bertanggung jawab atas segala yang berhubungan dengan pemasaran produk dalam perusahaan sampai ke konsumen. Yang diantara nya ; bertugas melakukan analisis pasar, meneliti persaingan dan kemungkinan perubahan permintaan serta mengatur distribusi produksi. Menentukan kebijaksanaan dan strategi pemasaran perusahaan yang mennacakup jenis produk yang akan dipasarkan, harga pendistribusian dan promosi.

c.       Komunikasi intern
    Komunikasi yang ada di dalam perusahaan sangat baik sekali, dilihat dari kondisi hubungan antar pegawai dengan pegawai lain ataupun pegawai dengan pimpinan. Ketika ada masalah yang dihadapi salah satu pegawai maka pegawai lain dan pimpinan dengan senang hati memberi ide atau solusi sehingga keakraban bekerja sangat erat.
           Bahkan diluar jam kerja para pegawai sering kumpul bersama melakukan reflesing dengan mengadakan makan – makan bersama sehingga didalam perusahaan maupun diluar pekerjaan, komunikasi terjaga dengan baik.

d.      Sistem Balas Jasa
           Sistem balas jasa yang di terapkan di CV Karomah Jaya Mandiri sudah sangat baik. Pemberian balas jasa kepada karyawan sudah diatas UMR Kabupaten Jember, yaitu  sekitar Rp. 2.000.000. ini belum termasuk insentif lembur dan juga pemberian bonus apabila penjualan melebihi target.  


No comments:

Post a Comment

Peran Penting Etika Bisnis

REVIEW JURNAL Judul Peran Penting Etika Bisnis Bagi perusaahaan-Perusahaan Indonesia Dalam Bersaing di Era Masyarakat...