BAB
III
HASIL
DAN PEMBAHASAN
3.1
Profil Perusahaan
CV
Karomah Jaya Mandiri adalah suatu perusahaan yang mana usahanya bergerak di bidang produksi Pertanian
/ pembenihan tanaman pangan, “padi, jagung, dan kedelai”. CV Karomah Jaya
mandiri didirikan pada tahun 2010 sebagai peningkatan dari usaha dagang yang
bergerak dalam produksi benih “padi, jagung, dan kedelai tersebut. Dengan izin produksi
benih dari PSBTPH ( Pengawasan dan setifikat benih tanaman pangan dan hortikultura
) Provinsi jawa timur No 31/ BPSBPTPH/PRD/JBR/2003. Produk unggulan yang ada
pada CV. Karomah Jaya adalah benih kedelai yang banyak di minati.
Ø
Visi CV Karomah Jaya Mandiri
Mewujudkan
usaha pertanian unggul bersama petani dan masyarakat berorientasi pada
pembayaran sosial, ekonomi dan ekologi.
Ø Misi CV Karomah Jaya
-
Menumbuh kembangkan kelompok petani dan masyarakat
dalam usaha dibidang pertanian.
-
Membangun aliansi strategis
(jaringan) dengan berbagai pihak dengan
memperkuat posisi tawar petanidan perusahaan dengan model kerjasama yang saling
menguntungkan.
-
Mengelola usaha dalam bidang pertanian
demi kemajuan petani dan perusahaan dengan berorientasi pada bisnis yang profit
– benefit, mengalami pertumbuhan, keberlangsungan dan keberkahan.
-
Mendorong terciptanya iklim pertanian yang
sehat (ramah lingkungan) dengan menjadi perintis dalam penggunaan pertanian
yang tidak berbahaya dan berbasis pada sumber daya local.
-
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
(enterpreuneur) dibidang pertanian dan turunannya.
Ø Tujuan
CV Karomah Jaya Mandiri
Tujuan adalah
sesuatu yang hendak dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Tujuan
ditetapkan dengan mengacu pada pernyataan visi, misi, dan kondisi strategis
yang ada diperusahaan. Adapun tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagai
berikut :
1)
Memberikan
nilai lebih kepada konsumen, dengan menyuguhkan produk yang dibutuhkan
masyarakat khususnya petani.
2)
Memberikan
nilai lebih terhadap karyawan, memperlakukan karyawan sebagaimana sesama
layaknya hubungan dengan sesama manusia, saling menjungjung tinggi nilai-nilai
kemanusian, menghormati dan memberikan sepenuhnya hak-hak karyawan.
3)
Memberiakan
niai lebih kepada owner dengan mengupayakan pencapaian ROI ( Return Of
Investment ) seperti yang diharapkan serta membawa perusahaan pada pertumbuhan
dan perkembangan yang diharapkan.
Ø
Sasaran CV Karomah Jaya Mandiri
Berikut ini adalah
sasaran yang ditetapkan oleh perusahaan sesuai dengan visi, misi dan tujuannya
:
1. Agar
perusahaan dapat memberikan nilai lebih kepada konsumen khususnya petani, maka perusahaan menjamin kepentingan
konsumen terhadap kualitas barang. Serta perusahaan menyuguhkan produk-produk
yang bisa memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat.
2.
Memberikan
manfaat lebih terhadap karyawan dengan menetakan skema gaji yang memadai atas
produktifitas karyawan di perusahaan CV Karomah Jaya Mandiri.
3.
Perusahaan
harus mampu berkembang sesuai perencanaan bisnis yang diinginkan oleh owner.
4.
Mengupayakan
selalu terjamin hubungan yang baik dan harmonis terhadap mitra dan atau
pemerintah.
5.
Keberadaan perusahaan dapat memberikan
nilai positif bagi pemerintah dengan adanya rekruitmen tenaga kerja, serta mengurangi angka pengangguran. Kebutuhan tenaga
kerja ini cukup banyak karena adanya pengmbangan perusahaan dan memenuhi
kebutuhan yang masih ada.
3.2 Analisis SWOT
Dari hasil identifikasi yang telah
dilakukan sebelumnya terhadap kondisi internal dan eksternal perusahaan, maka
diketahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan
(SWOT) yang dihadapi oleh CV Karomah Jaya Mandiri.
3.3 Pembahasan
solusi problem solving
3.3.1
Pemasaran CV Karomah Jaya Mandiri
1.
Kurangnya
media iklan sebagai sarana promosi
Iklan merupakan suatu saranan yang sangat
penting dalam membantu mengenalkan produk kepada masyarakat umum. Tidak adanya
iklan sebagai sarana promosi akan berdampak terhadap penjualan produk, bahkan
perkembangan serta pertumbuhan usaha. Solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan
menyediakan sarana iklan promosi yaitu dengan memasang banner ditempat- tempat
yang strategis serta memasang iklan di surat kabar, agar supaya masyarakat luas
bisa menenal produk yang dijual.
2.
Tidak
adanya tenaga pemasaran khusus
Tenaga pemasaran menjadi kunci utama dalam
pemasaran.Tenaga Pemasaran kurang ahli, kurang menguasai Produk akan
menyebabkan informasi yang sampai kepada masyarakat kurang membuat konsumen
tertarik pada produk. Hal ini akan berdampak terhadap target penjualan produk
yang tidak akan tercapai.
Solusi yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah perusahaan harus segera memperkerjakan
tenaga pemasaran secara khusus untuk memperkenalkan produk – produk yang dimiliki perusahaan atau
melakukan pelatihan terhadap tenaga pemasaran sehingga mampu meningkatkan
penjualan.
3.
Target pasar yang
utama benih kedelai adalah :
Daerah-daerah sentra penanaman
kedelai di Indonesia, daerah-daerah penghasil utama tanaman kedelai adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, D.I.
Yogyakarta,Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, dan
Maluku.
Contoh
: CV SANINCO yang berlokasi di daerah jember yang mempunyai keunggulan modal
besar tetapi tidak mempunyai lahan yang cukup luas. Sedangkan CV. Karomah Jaya
mempunyai lahan yang cukup luas serta permintaan bibit benih dari pemerintah
maupun masyarakat.
Ø Solusi
Permasalahan Pemasaran Berdasarkan Pilar Perushaan Unggul
Berdasarkan uraian permasalah pemasaran yang ada di CV Karomah Jaya
Mandiri, maka solusi yang bisa di terapkan
berdasarkan pilar perusahaan unggul yaitu:
1) Tetapkan fitur- fitur produk dan layanan
utama dan tingkat kepentingan kepada pelanggan yang mendorong minat dan
loyalitas pelanggan untuk perencanaan produk, pemasaran, dan pengembangan bisnis.
2) Tetap dengarkan dan belajar dari
pelanggan potensial dan pasar dengan kebutuhan perubahan pada bisnis saat ini (mungkin termasuk penggunaaan teknologi
berbasisi Web).
3) Identifikasi sasaran stretegis dan buat
tabel rencana untuk pemenuhannya lakukan sejauh mana keterkaitannya pada faktor
internal dan eksternal.
4) Menjalin hubungan
mitra baik dengan kepala bagian disetiap wilayah dengan tujuan agar dapat
menghendel hasil produksi dari perusahaan.
3.3.2
Masalah Produksi
CV Karomah Jaya Mandiri
1.
Pemanenan
yang dilakukan suplyer sering dicampur antara produk baik dengan produk buruk.
Suplyer merupakan bagian terpenting dalam suatu usaha. Hal ini
dikarenakan suplyer berperang dalam
penyediaan barang. Terjadinya pencampuran mengakibatkan hasil produk akan
berdampak terhadap kegiatan operasional usaha bertambah, seperti menyortir
benih kembali.
Ø
Solusi
permasalahan produksi
Berdasarkan uraian permasalahan produksi
yang ada di CV Karomah Jaya Mandiri, maka solusi yang dapat diterapkan yaiatu :
1) Untuk penciptaan nilai, tentukan persyaratan proses menggunakan
masukan dari pelanggan internal dan eksternal dan pemasok dan mitra yang
sesuai.
2) Kendalikan dan
perbaiki proses dengan menggunakan pengukuran dan umpan balik dari pemasok dan
mitra.
3.3.3
Masalah MSDM
di CV Karomah Jaya Mandiri
1.
Manajemen
Sumber Daya Manusia
a.
Perekrutan
Pegawai
Perekrutan pegawai dilakukan dengan membuat lowongan
kerja yang di sebarkan melalui kantor pos. Lamaran kemudian langsung dibawa
keperusahaan dan langsung interview. Standart perekrutan minimal pendidikan
SMA. Pengalaman kerja tidak menjadi acuan perekrutan karena perusahaan lebih
memilih memberi pelatihan / training kepada
pekerja yang masih belum pernah bekerja yang dianggap akan lebih mudah
dikendalikan untuk melakukan pekerjaan dengan serius. Perekrutan pegawai sampai
saat ini masih berjalan dengan baik dan tidak mengalami kendala atau masalah.
Untuk
perekrutan tenaga buruh, CV Karomah Jaya Mandiri merekrut ibu rumah tangga
sekitar yang mempunyai minat kerja untuk bekerja.
b.
Deskripsi kerja
Deskripsi kerja
sudah di jelaskan dengan baik sehingga karyawan bisa bekerja sesuai dengan
bagiannya masig-masing. Dalam CV Karomah Jaya Mandiri terdapat
beberapa bagian diantaranya:
1)
Manajer
Manajer merupakan seseorang yang mengatur dan mengendalikan
segala aktivitas yang ada di perusahaan, begitu pula manajer di CV Karomah Jaya Mandiri.
Segala aktivitas mulai dari keuangan, produksi, pemasaran, sdm, serta
operasional dikendalikan oleh manajer, sehingga peran manajer sangat penting dalam perusahaan.
2) Kabag. Keuangan
Seorang kepala
bagian keuangan mempunya tugas menyusun rencana anggaran, mengurus keuangan
serta menyusun laporan keuangan.
3) Kabag. Kemitraan
Bagian
kemitraan seseorang yang membantu kepala Dinas dalam menyiapkan bahan penyusun
rencana kerja, bahan perumusan dan kebijakan umum dan teknis operasional
informasi, komunikasi, dan pengembangan komunikasi social public serta
pengembangan komunikasi pemerintah daerah.
4) Kabag. Produksi
Kepala
bagian produksi memiliki tanggung jawab terhadap kegiatan produksi berlangsung
secara lancar dan efisien dalam memenuhi target produksi yang telah ditetapkan
oleh perusahaan.
-
Persiapan lahan
Dalam
kegiatannya menyiapkan lahan yang sesuai dengan jenis tanaman budidaya untuk
pertumbuhan tanaman yang akan diambil produktifitasnya perlu diolah sedemikian
rupa untuk menghasilkan bibit tanaman yang baik.
-
Pemeliharaan
Dalam
kegiatannya untuk memperpanjang umur ekonomis dari mesin dan peralatan produksi
yang ada serta mengusahakan agar mesin dan peralatan produksi tersebut selalu
dalam keadaan optimal dan siap pakai untuk pelaksanaan proses produksi.
-
Panen dan PLP
Dalam
kegiatannya meliputi tindakan pemetikan hasil, pembersihan lahan, pengangkutan
hasil, penyimpanan hingga pengemasan. Tujuan utama dari pasca panen adalah guna
menghasilkan panen sesuai standar nasional yang berlaku. Kegiatan pasca panen
bertujuan untuk meminimalisir hasil yang kurang memuaskan pada periode tanam
selanjutnya. Panen merupakan tindakan akhir dari sebuah proses penanaman.
5) Kabag. Pengemasan
dan penggudangan
Seseorang
pada bagian penggudangan bertugas dan bertanggung jawab sebagai penjamin produk
perusahaan saat masuk dan keluarnya produk tersebut. Pada bagian pengemasan
bertanggung jawab atas packing produk agar terhindar dan atau meminimalisir dan
serta menjamin kualitas produk agar tetap baik.
6) Kabag. Pemasaran
Bertanggung
jawab atas segala yang berhubungan dengan pemasaran produk dalam perusahaan
sampai ke konsumen. Yang diantara nya ; bertugas melakukan analisis pasar,
meneliti persaingan dan kemungkinan perubahan permintaan serta mengatur
distribusi produksi. Menentukan kebijaksanaan dan strategi pemasaran perusahaan
yang mennacakup jenis produk yang akan dipasarkan, harga pendistribusian dan
promosi.
c. Komunikasi intern
Komunikasi yang ada di dalam perusahaan sangat baik
sekali, dilihat dari kondisi hubungan antar pegawai dengan pegawai lain ataupun
pegawai dengan pimpinan. Ketika ada masalah yang
dihadapi salah satu pegawai maka pegawai lain dan pimpinan dengan senang hati memberi ide atau solusi sehingga
keakraban bekerja sangat erat.
Bahkan diluar jam kerja para pegawai sering kumpul
bersama melakukan reflesing dengan mengadakan makan – makan bersama sehingga
didalam perusahaan maupun diluar
pekerjaan, komunikasi terjaga dengan baik.
d. Sistem Balas Jasa
Sistem balas jasa yang di
terapkan di CV
Karomah Jaya Mandiri sudah sangat baik.
Pemberian balas jasa kepada karyawan sudah diatas UMR Kabupaten Jember,
yaitu sekitar Rp. 2.000.000. ini belum
termasuk insentif lembur dan juga pemberian bonus apabila penjualan melebihi
target.
No comments:
Post a Comment